Meneladani Perjuangan Pahlawan di Acara CAKI Dapil 6

Kegigihan perjuangan para pahlawan perlu ditanamkan ke anak-anak sejak dini. Jiwa nasionalisme harus dimiliki generasi bangsa yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan, CAKI Dapil 6 kembali menghadirkan acara spesial hari Pahlawan untuk anak-anak kader dan tetangga sekitar. 

Ahad tanggal 27 Nopember 2016,  Pukul 08.00 anak-anak sudah berkumpul rapi untuk mengikuti serangkaian agenda seru CAKI. Sambil menunggu teman-teman lainnya yang masih dalam perjalanan, mereka satu persatu mengisi form registrasi dan mendapatkan name card. Setelah semua peserta berkumpul, agenda caki dimulai dengan pembacaan Ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh anak-anak.


Masuk acara kedua yaitu mendengarkan cerita yang disampaikan oleh Kak Nur. Kak Nur kali ini memberikan gambaran tentang pahitnya masa penjajahan kepada anak-anak. Anak pun diajak untuk mencicipi makanan pokok pada saat negara kita masih belum merdeka yaitu “Tiwul”. Kebanyakan anak-anak mengatakan rasanya tidak enak, karena dari kecil mereka sudah merasakan enaknya hidup dalam kemerdekaan, bahkan ketika ditanya hari itu sarapan apa, salah satu anak mengatakan sarapan dengan sate, sangat jauh dengan gambaran masa penjajahan dahulu. Dengan menceritakan kepedihan masa penjajahan, harapanya adalah anak-anak dapat mensyukuri nikmat berupa kemerdekaan.



Sesi berikutnya Kak Nur pun mengenalkan Tokoh tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui poster-poster pahlawan, supaya mereka kenal Pahlawan bangsa Indonesia. Sebagaimana kita ketahui anak- anak sekarang lebih banyak mengidolakan artis,atlit bahkan tokoh animasi, tentunya pahlawan kita lebih layak untuk dijadikan tokoh idola. Tidak lupa pula anak-anak diajak untuk lebih mengenal dasar negara kita yaitu Pancasila. Dengan lantangnya anak-anak pun membaca satu persatu isi sila dari Pancasila dan kebanyakan dari merekapun sudah hafal, lalu mereka bersama-sama menyayikan lagu Garuda Pancasila.



Usai acara inti, anak-anak mengikuti lomba kelereng dan sandal bakiak, satu kelompok terdiri dari tiga anak dan berjalan diatas sandal panjang yang terbuat dari kayu. Mereka belajar bekerjasama dengan yang lainnya. Teriak girang, canda dan tawa terdengar lepas. Mereka sangat antusias mengikui kegiatan CAKI kali ini. 



Menurut pemaparan Husnul, selaku ketua panitia mengatakan bahwa acara CAKI dengan tema pahlawan bertujuan untuk memberikan wawasan tentang perjuangan pahlawan membela tanah air. Berharap, anak-anak memiliki semangat yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan saat ini. (Humas DPD PKS) 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meneladani Perjuangan Pahlawan di Acara CAKI Dapil 6"

Post a Comment